Anggota Dewan Basti BLH Sidak Ke Tjokro Banyak Di Temukan Limbah

  • Whatsapp

(TEKS – FOTO : IST – ANGGOTA DEWAN BASTI/K.N)

BLH : Ambil contoh sampel limbah Tjokro Hasil Uji Lab Dasar Pemanggilan Pihak Perusahaan Melalui Hearing

Bacaan Lainnya

KutimNesw.Com,Sangatta-Perwakilan tokoh warga mengadukan adanya pencemaran limbah pada saluran drainase PT Tjokro di kawan jalan Soekarno Hatta, Sangatta Kabupaten Kutai Timur kepada anggota DPRD Kutim Basti Sangga Langi.

Mendengar perihal tersebut, maka belum lama ini anggota dewan Basti langsung menindaklanjuti temuan pembuangan limbah tersebut, dengan melakukan inpeksi mendadak di workshop perusahaan tersebut yang turut didampingi oleg Badan Lingkungan Hidup.


(TEKS – FOTO : IST – ANGGOTA DEWAN BASTI/K.N)

Anggota DPRD Kutim Basti Sangga Langi saat sidak ke tjokro temukan limbah berserakan didalam saluran drainase diantaranya rembesan oli, sarung tangan

“Setiba di PT Tjokro memang benar saya bersama pihak BLH menemukan ada limbah seperti rembesan oli, sarung tangan, ujun bersama BLH memang menemukan beberapa macan jenis limbah diantaranya rembesan oli, tumpukan sarung tangan,”ujar Basti.
Anggota dewan Basti dengan tercemarnya debit volume air dengan adanya limbah perusahaan

dikhawatirkan jika lama kelamaan didiamkan sudah pasti akan merusak ekosistem di sekitarnya dan berdampak pada kesehatan manusia. “ Setelah kami telusuri ternyata perusahaan ini sudah pernah mendapatkan sanksk dari BLH, saya mewakili anggota dewan sangat menyayangkan akan keacuhan pihak perusahaan Tjokro yang setelah mendapatkan teguran dari BLH bukan mengelola sistem pembuangan limbah ramah lingkungan malah mengulangi hal yang sama,” tegasnya.

Anggota DPRD Kutim sekaligus ketua Forum RT Sangatta Utara Basti melanjutkan wawancaranya kepada media mengungkapkan dari temuan tersebut pihak BLH langsung mengambil sampel limbah untuk diteliti kadar kandungan limbah apakah membahayakan pada sistem populasi ekosistem sekitarnya dan kesehatan manusia,”ucap anggota DPRD Basti.


(TEKS – FOTO : IST – ANGGOTA DEWAN BASTI/K.N)

MEMPRIHATINKAN : Turunnya anggota dewan Basti turut didampingi Badan Lingkungan Hidup dari hasil monitoring perusahaan kedapatan dengan sengaja membuang limbahnya disembarang tempat

Anggota DPRD Basti sementara masih menunggu hasil dari uji lab pihak BLH untuk dapat segera mengetahui tingkat bahaya dari kandungan limbah yang berceceran tersebut. “Kalau tumpukan sarung tangan sudah jelas menyumbat drainase akibatnya dikala hujan turun debit volume air dalam saluran menjadi meningkat dan meluber hingga ke badan jalan,” katanya lagi.

Adapun langkah yang akan ditempuh wakil ketua komisi A setelah adanya hasil lab dan berkoordinasi dengan BLH apabila nantinya hasil berdampak pada kerusakan lingkungan dan mendatangkan musibah banjir maka segera melakukan pemanggilan kepada pihak perusahaan melalui hearing DPRD.


(TEKS – FOTO : IST – ANGGOTA DEWAN BASTI/K.N)

Tak mau Kutim dikotori limbah melalui anggota DPRD Kutim Basti dan BLH bawa sampel limbah untuk diteliti dan kemudian nantinya dilakukan pemanggilan melalui hearing DPRD langsung diberikan sanksi

Wartawan KutimNews.com menanyakan kepada Basti langkah tegas apa yang akan dilakukan, mengingat perusahaan telah mendapatkan sanksi peringatan dari BLH? “Jika perusahaan hingga nantiya dikeluarkan hasil kedua masih terus-terusan tidak memperbaiki kesalahannya akan pencemaran limbah tidak menutup kemungkinan saya bersama-sama rekan komisi A tak segan-segan mencabut ijinnya,” imbuh Basti. (Aji/rin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *