Kasus Pelanggaran Protokol Kesehatan Yang Melibatkan Rizieq Shibab Digelar

  • Whatsapp

KUTIMNEWS.COM–Kasus dugaan kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan yang melibat Rizieq Shibab dengan nomor perkara: 221/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim); kasus dugaan terkait tes swab di RS Ummi Bogor dengan nomor perkara: 225/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim); serta kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung dengan nomor perkara: 226/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim).

Bacaan Lainnya

Kasus ini di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur secara online. Keputusan ini diambil untuk mencegah kerumunan yang berpotensi menyebarkan virus corona (Covid-19).

“Betul, masih dilakukan secara virtual,” kata Humas PN Jakarta Timur Alex Adam Faisal melalui pesan tertulis, Kamis (18/3/2021

Sidang secara virtual juga berlaku untuk dua perkara lain yang berkaitan dengan kasus Rizieq yakni perkara nomor: 222/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim dengan terdakwa Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi serta perkara nomor: 224/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim dengan terdakwa Muhammad Hanif Alatas bin Abdurachman Alatas.

Sebelumnya, Rizieq bersama tim penasihat hukumnya melayangkan protes atas mekanisme sidang secara virtual. Rizieq ingin dirinya dihadirkan ke PN Jakarta Timur

Penasihat hukum Rizieq, Munarman, menilai mekanisme sidang secara virtual memiliki banyak kendala dan menghambat kliennya mendapat hak secara hukum.
Kendalanya sidang enggak terdengar sebagaimana yang dikeluhkan klien kami. Klien kami di sana [Gedung Dittipidum Mabes Polri] secara formal tidak didampingi penasihat hukum, jadi tidak ada hak-hak dari terdakwa untuk mendapat hak hukum. Saya harapkan, saya minta penzaliman ini tidak berlarut-larut,” kata Munarman.

Atas keberatan tersebut dan permohonan dihadirkan ke muka persidangan tidak dikabulkan majelis hakim, Rizieq dan tim penasihat hukum meninggalkan ruang persidangan atau walk out sehingga persidangan ditunda sampai Jumat (19/3/2021)besok./(RED)
(Sumber CNN Indonesia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *